Selasa, 09 Desember 2008

Motivasi

Motivasi berasal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri individu, yang menyebabkan inRata Tengahdividu tersebut bertindak atau berbuat sesuatu.Motif juga dapat diartikan sebagai daya penggerak dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu, untuk mencapai tujuan tertentu.Dengan demikian, motivasi merupakan dorongan yang terdapat pada diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.
Selain itu motivasi juga berarti suatu daya dorong (drive force) yang membuat orang dapat berbuat sesuatu untuk mencapai tujuannya.Motivasi memang muncul dari dalam diri manusia, namun kemunculannya disebabkan adanya rangsangan atau dorongan unsur lain misalnya, tujuan.
Fungsi motivasi :
  1. Sebagai motor penggerak pada diri manusia
  2. Menentukan arah perbuatan, yaitu arah perwujudan cita-cita atau tujuan.
  3. Mencegah adanya penyelewengan terhadap tujuan yang ingin dicapai.
  4. Menyeleksi perbuatan diri .Artinya memilih perbuatan mana yang harus dilakukan dan mana yang harus ditinggalkan untuk mencapai tujuan.
Motivasi yang dimiliki oleh manusia yang stu dengan yang lain tidak akan sama.Oleh karena itu hasil atau tujuan yang dicapai masing-masing manusia juga akan berbeda.
Motivasi dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Motivasi intrisik : motivasi yang timbul tanpa memerlukan rangsangan dari luar, karena motivasi ini sejalan dengan kebutuhan individu tersebut.
  • Motivasi ekstrisik : motivasi yang timbul karena adanya rangsangan yang timbul dari luar individu tersebut.

Tidak ada komentar: